Senin, 22 Agustus 2011

12 Monumen Parepare

 Monumen 40.000 Jiwa
a.    Letak
Jalan Bau Massepe, depan mesjid Agung.
b.    Keterangan
Monumen ini dibangun karena adanya nilai sejarah yang sangat banyak yang terdapat ditempat tersebut. Hal ini dikarenakan karena adanya peristiwa korban 40.000 jiwa yang terjadi di seluruh daerah yang ada di Sulawesi Selatan sehingga untuk mengenang para pahlawan dan banyak orang yang lainnya yang telah gugur dalam peristiwa itu maka dibangunlah Monumen 40.000 tersebut. Adapun pahlawan yang gugur pada peristiwa itu berjumlah 24 orang.
c.    Foto



Monumen Jejak Telapak Tangan Prof. Dr. Ir. Ing. Baharuddin Yusuf Habibie
a.    Letak
Jalan Habibie Center
b.    Keterangan
Monumen Jejak Telapak Tangan Prof. Dr. Ing. Baharuddin Yusuf Habibie ini di buat adalah untuk memberikan penghormatan kepada Prof. Dr. Ing. Baharuddin Yusuf Habibie yang dimana beliau adalah putra pertama Parepare yang telah bisa menjadi Presiden Indonesia. Adapun bagian-bagian dari monumen tersebut adalah:
a.    Jejak tangan Prof. Dr. Ing. Baharuddin Yusuf Habibie
b.    Puisi untuk Prof. Dr. Ing. Baharuddin Yusuf Habibie
c.    Foto


Monumen Adipura
a.    Letak
Pintu sebelah selatan Senggol
b.    Keterangan
Monumen ini dibuat untuk menandakan bahwa kota Parepare telah mendapatkan Piala adipura yang menandakan bahwa kota Parepare adalah kota yang bersih. Monumen ini di bangun di pinggir laut dan berdekatan dengan perpustakaan kota serta terletak di dalam pasar senggol.
c.    Foto


Monumen H. A. Bau Massepe
a.    Letak
Jalan ujung H. A. Bau Massepe (Depan toko 1001)
b.    Keterangan
Monumen ini didirikan untuk menghargai jasa H. A. Bau Massepe yang telah membangkitkan semangat rakyat Parepare untuk melawan para penjajah yang bermaksud menguasai Parepare. Beliau juga di kenal sebagai sosok yang pemberani dan tidak gentar melawan penjajah.
c.    Foto



Monumen KB
a.    Letak
Jalan Lasinrang (Depan pintu pasar Lakessi sebelah utara)
b.    Keterangan
Monumen ini di bangun karena adanya program KB yang di jalankan oleh pemerintah kota Parepare, dan monumen seperti ini tidak hanya ada di depan pintu pasar Lakessi saja tetapi ada pada berbagai tempat di kota Parepare. Adapun kondisi monumen ini terlihat jorok karena adanya jelanga yang menutupi hampir semua permukaan monumen.
c.    Foto
  

Monumen KB
a.    Letak
Jalan Veteran (Depan kantor PLN)
b.    Keterangan
Monumen KB lainnya terdapat di Jalan Veteran tepatnya depan kantor PLN. Berbeda dengan monumen KB yang berada di Jalan Lasinrang monumen KB yang berada di jalan Veteran ini lebih terawat dan terlihat indah karena dilengkapi dengan taman-taman yang berada di sekeliling monumen. Selain sebagai perwujudan suksesnya program KB di kota Parepare monument yang satu ini juga di gunakan sebagai pembatas wilayah.
c.    Foto



Monumen Perahu Sampan
a.    Letak
Jalan Mattirotasi (Depan pasar seni)
b.    Keterangan
Monumen ini adalah monument yang unik yang dikarenakan karena monument ini mempunyai bentuk menyerupai kapal layar. Monumen ini di bangun karena kota Parepare adalah kota yang memiliki pelabuhan sebagai penghubung pulau Sulawesi denga pulau Kalimantan dan bahkan pulau Jawa, selain itu juga melambangkan bahwa kota Parepare adalah kota yang sebagian penduduknya berprofesi sebagai nelayan.
c.    Foto


Monumen Pemuda
a.    Letak
Jalan H. Agus Salim
b.    Keterangan
Monumen patung pemuda ini didirikan untuk memberri motovasi kepada generasi muda yang ada di kota Parepare agar melanjutkan perjuangan pejaung-pejuang angkatan 45 untuk mempertahankan kemerdekaan dan memajukan kota Parepare dan bangsa Indonesia menjadi salah satu bangsa yang dapat bersaing dengan bangsa-bangsa besar yan ada di dunia dengan cara belajar dengan keras dan giat bekerja.
c.    Foto



Monumen Baju Adat
a.    Letak
Jalan Bau Massepe
b.    Keterangan
Monumen ini di bangun sebagai ucapan selamat datang kepada orang-orang yang berkunjung ke Parepare. Selain itu monumen ini didirikan untuk memperkenalkan pakan adat kita sebagai masyarakat Sulawesai Selatan khususnya Parepare yaitu “baju bodo” kepada para tamu yang berkunjung.
Adapun keadaan monument ini dapat di katakan sangat terawat, apa lagi dengan adanya bunga-bunga dan pohon-pohon yang berada di sekitar monumen baju adat ini semakin menarik minat kita untuk mengunjunginya.
c.    Foto


Monumen Adipura
a.    Letak
Sektor ujung - Lasiming
b.    Keterangan
Monumen Adipura yang terletak di dekat sektor ujung Parepare ini sedikit berbeda jika di bandingkan dengan monumen-monumen adipura yang ada di kota Parepare, hal ini terjadi karena bentuk dari monumen ini sedikit pendek dari monumen-monumen adipura pada umumnya dan sedikit lebih lebar. Adapun keadaan di sekitar monumen dapat dikatakan terawat karena keadaan monumen tersebut selain karena disekitarnya di Tanami bunga-bunga indah juga kebersihannya terjaga.
c.    Foto

Monumen Adipura
a.    Letak
Jalan Bambu Runcing
b.    Keterangan
Monumen ini terletak di jalan Bambu Runcing tepatnya berada di jalan Jendral Sudirman. Letak monumen ini agak jauh dari pusat kota, tetapi monument ini cukup strategis karena terletak di jalan yang dilaewati oleh mobil antar kota. Selain itu, monume ini juga terletak pada jalan masuk menuju rumah sakit Tipe C.
      Adapun keadaan monument ini cukup terawat dibandingkan dengan monumen KB yang ada di jalan Lasinrang, walau demikian cat-cat di sekeliling monument tersebut terkelupas di mana-mana.
c.    Foto

Monumen Korban 40.000 Jiwa
a.    Letak
Jalan M. Kurdi - Lemoe
b.    Keterangan
Monumen ini terletak di jalan M. Kurdi, Lemoe. Letak yang berada di pinggiran kota ini menyebabkan monumen ini tidak terlalu di kenal oleh masyarakat. Meskipun begitu, moumen ini tetap mempunyai makna sejarah yang besar. Karena monumen ini didirikan akibat peristiwa 40.000 jiwa pada tanggal 23 Januari 1949. Pada peristiwa 40.000 itu menewaskan 25 orang.
c.    Foto

***

      Tulisan tentang 12 Monumen Parepare ini sebenarnya adalah salah satu tugas saya sewaktu SMP. Tugas ini juga dilengkapi dengan peta lokasi tiap-tiap monumen, akan tetapi karena suatu hal saya tidak bisa menambahkan peta-peta tersebut kedalam tulisan ini. Oleh karena itu, jika ada yang berminat melihat secara lengkap tulisan ini dapat mengirim pesan ke e-mail saya ai_niji12@yahoo.co.id. Oh ya, sebagai catatan tambahan monumen di Parepare bukan hanya ada 12 buah seperti yang tertera di atas tetapi masih banyak yang lainnya. Tetapi, karena yang guru saya minta cuma 12 buah jadi saya dan teman-teman saya juga cuma mencari tahu tentang 12 buah.. hehehe.. Tetapi walau 'cuma' 12 buah tapi usaha yang dibutuhkan untuk mencari informasi tentang monumen-monumen ini besar loh, kami harus berjalan lumayan jauh untuk bisa sampai ke monumen-monumen tersebut yang kebanyakan berada ditempat yang terpencil bahkan angkutan kota tidak sampai ke sana.. T_T
      Yeaaaahh, curhaaaat lagi.. 


      Oh ya, foto di atas itu teman-teman saya sewaktu berburu foto-foto monumen untuk tugas ini. Yang pake baju pink paling kiri itu namanya Putri, belakang Putri yang  pake baju putih itu namanya Fitri, Yang cuma kepalanya yang kelihatan Tham-chan, yang pake jaket Mickey Nouse hitam dalaman merah Dewi, sebelah kiri Dewi itu Fajriah, yang belakang Fajriah namanya juga Fitri.
      
      Oke, akhir kata semoga tulisan ini bermanfaat bagi kalian..^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar