Jumat, 28 Oktober 2011

Kiat-Kiat menjadi Pendengar yang Baik


Menjadi pendengar yang punya banyak manfaat. Dengan mendengar, lawan bicara kamu tidak hanya merasa dihargai kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu dengan mendengar perkattan orang lain.

Berikut adalah kiat-kiat menjadi pendengar yang baik.
1.  Tatap lawan bicara dengan tatapan hormat
Ketika seseorang berbicara dengan kamu, pastikan kamu menatap matanya. Dengan begitu, lawan bicara kamu akan merasa nyaman dan tidak merasa tidak dihargai.
2.  Berikan perhatian pada lawan bicara
Usahakan agar kamu tidak memperhatikan hal yang lain dan hanya fokus pada lawan bicara untuk menghindari kesan yang tidak bersahabat.
3.  Perhatikan ekspresi dan gerak tubuhnya
Dengan melihat ekspresi dan gerak tubuh, kamu dapat mengetahui apa yang sedang dirasakan dan difikirkan oleh lawan bicaramu. Dengan begitu, kamu bisa meresponnya dengan baik.
4.  Perhatikan maksud percakapannya
Mungkin, lawan bicaramu sedang membutuhkan pemecahan masalahnya. Dengan mengamati maksud percakapan kalian, kamu dapat tahu bagai mana merespon lawan bicaramu dengan baik.
5.  Berikan respon yang baik
Dengan memberikan respon kepada lawan bicara seperti anggukan, senyuman dan komentar serta pujian maka akan membuat lawan bicaramu merasa dihargai.
6.  Jangan mengalihkan pembicaraan tiba-tiba
Mengalihkan pembicaraan dengan tiba-tiba akan menimbulkan rasa kecewa kesan yang tidak baik kepada lawan bicara. Jika topik pembicaraan tidak menarik, alihkan secara perlahan.
7.  Tolak dengan halus jika tidak punya banyak waktu untuk mendengarkan
Jika sedang buru-buru atau tidak punya waktu untuk mendengarkan orang lain usahakan tolak dengan halus agar lawan bicara tidak merasa kecewa dan katakan bahwa kamu akan mendengarkan lain waktu dan usahakan kamu menepatinya.
8.    Mendengar dengan tulus
Dengan tulus mendengan orang lain, maka kita tidak akan merasa terbebani untuk mendengar orang lain berbicara dan kita akan menjadi orang yang terlatih menjai pendengar yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar